Mobile Menu

navigasi

More News

Google mengeluarkan fitur setifikat vaksin untuk Android

16.46



Gawai.co.id - Google membuat fitur baru untuk Android yang membuat pengguna Android dapat menympan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19 di smartphonenya.

 

Fitur ini pada awalnya hanya akan tersedia di AmerikaSerikat, dan bergantung pada dukungan dari penyedia layanan kesehatan, pemerintah lokal, ataupun organisasi lain yang punya izin untuk mendistribusikan vaksin COVID-19.

 

Selain menyimpan informasi sertifikat vaksin Covid-19, pada fitur ini juga akan memuat informasi tentang hasil tes Covid-19 dan juga informasi vaksin apa yang didapat pengguna.

 

Data vaksin tersebut bisa didapat dan disimpan dari aplikasi penyedia layanan kesehatan ataupun dari SMS atau email yang diterima oleh pengguna, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (1/6/2021).

 

Google merekomendasikan agar penggunanya menyimpan shortcut untuk sertifikat tersebut di home screen ponsel, dan mereka pun menawarkan opsi untuk menyimpan sertifikat tersebut ke dalam perangkat.

 

Mereka pun menjanjikan kalau sertifikat tersebut tak akan disimpan di cloud dan tak akan menggunakan informasi yang disimpan itu untuk keperluan iklan. Namun mereka juga menyatakan akan mengumpulkan beberapa informasi seperti berapa kali sertifikat itu dipakai dan pada hari apa.

 

Fitur yang dibawa oleh Google ini mirip dengan apa yang dimiliki oleh aplikasi PeduliLindungi di Indonesia. Namun fitu ini nampaknya akan menjadi fitur bawaan operasi system Android, sehingga pengguna tidak perlu repot memiliki banyak aplikasi.

(rifqiazis/detikINET)

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar