Mobile Menu

navigasi

More News

Telkomsel resmi menjadi operator 5G pertama di Indonesia

17.12

 


Gawai.co.id - Telkomsel secara resmi merilis layanan jaringan internet 5G atau generasi 5 di Indonesia pada Kamis (27/05/2021). Hal ini merupakan langkah bersejarah bagi Indonesia.

 

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menyatakan momen ini merupakan hal yang bersejarah karena ada babak baru lewat implementasi jaringan 5G di Indonesia.

 

"Hari ini hari yang sangat penting dan bersejarah, karena ada babak baru melalui implementasi 5G di Indonesia, dan Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang sediakan layanan 5G," ujar Setyanto saat peresmian layanan 5G di Jakarta

 

Telkomsel yang merupakan penyedia jaringan 5G pertama di Indonesia melewati banyak tahap dan proses agar bisa menjadi seperti hari ini.

 

Uji coba layanan 5G di Indonesia sudah dilakukan sejak 2018 silam, bertepatan dengan ajang Sea Games. Setyanto menuturkan uji coba itu juga dilakukan di kawasan industri di Batam.

 

"Kami mencoba mencoba 5G di kawasan industri Batam, dan ujungnya kami mengajukan Uji Laik Operasi(ULO), dan akhirnya kita dinyatakan layak," tuturnya.

 

Tidak hanya pada pihak Telkomsel, Mentri Komunikasi dan Informatika, Jhony G Plate menuturkan bahwa dengan hadirnya 5G pertama kali di Indonesia sebagi suatu tonggak sejarah sekaligus revolusi teknologi telekomunikasi di Indonesia.

 

"Hari ini hari bersejarah. Hari yang sangat khusus untuk telekomunikasi di Indonesia. Hari ini menandai satu lngkah baru revolusioner untuk menatap masa sepan telko dan digitalisasi di RI," ujar Jhonny dalam acara peresmian jaringan 5G, di The Telkom Hub, Jakarta.

 

Surat Keterangan Laik Operasi untuk Telkomsel diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika pada 21 Mei 2021, sementara uji laik operasi (ULO) dilakukan pada 19-20 Mei.

 

Telkomsel memanfaatkan spektrum frekuensi radio di pita frekuensi 2,3GHz untuk menggelar layanan 5G.

 

Tahap awal, enam lokasi di Jabodetabek sudah disiapkan untuk 5G, antara lain perumahan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera. Lokasi-lokasi tersebut merupakan kawasan elite di Jabodetabek. (rifqiazis/CNN Indonesia)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar