Mobile Menu

navigasi

More News

Pendiri Adobe sekaligus pengembang PDF, Charles Geschke meninggal dunia

16.20

 


Gawai.co.id - Berita duka datang dari dunia teknologi perangkat lunak. Pendiri perusahan Adobe, Inc, Charles ‘Chuck’ Geschke meninggal dunia di usia 81 Tahun pada Jum’at malam.

Tidak hanya mendirikan perusahaan perangkat lunak Adobe, Geschke yang tinggal di San Francisco Bay Area di Los Altos, juga dikenal sebagai pengembang format dokumen PDF.

"Ini kerugian besar bagi seluruh komunitas Adobe dan industri teknologi, yang telah menjadi pemandu dan pahlawannya selama beberapa dekade," tulis CEO Adobe Shantanu Narayen dalam email kepada karyawan perusahaan, dikutip Senin (19/4).

Sebagai salah satu pendiri Adobe, Chuck dan John Warnock mengembangkan perangkat lunak yang telah merevolusi banyak bidang dalam dunia digital.

"Produk pertama mereka adalah Adobe PostScript, teknologi inovatif yang menyediakan cara baru Chuck menanamkan dorongan tanpa henti untuk inovasi di perusahaan, menghasilkan beberapa penemuan perangkat lunak yang paling transformatif, termasuk PDF, Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop yang ada di mana-mana," ungkap Narayen.



Setelah mendapatkan gelar doktor dari Universitas Carnegie Mellon, Geschke mulai bekerja di Pusat Penelitian Xerox Palo Alto. Tempat itu juga saat ia bertemu Warnock, menurut laporan Mercury News.

Lalu di tahun 1982, keduanya mendirikan Adobe dan menjadi partner dalam mengembangkan perangkat lunak.

Berkat jasa-jasanya dalam dunia teknologi, Geschke mendapatkan penghargaan National Medal of Technology di tahun 2009 bersama dengan rekannya di Adobe, Warnock. Penghargaan ini diberikan langsung oleh presiden Amerika Serikat saat itu, Barrack Obama.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar