Mobile Menu

navigasi

More News

Produk smartphone limbah Jepang, solusi murah untuk smartphone hebat

15.02




Gawai.co.id - Dalam masa Pandemik saat ini, kebutuhan akan Smartphone sangatlah tinggi, Laporan firma riset pasar IDC menunjukkan bahwa total pengiriman perangkat smartphone meningkat hingga 49 persen dari kuartal sebelumnya, dan tumbuh 21 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hasil ini membuktikan kebutuhan akan Smartphone sangatlah tinggi. Akan tetapi yang menjadi kendala ialah, bagaimanakah cara mendapat Smartphone terbaik akan tetapi dengan budget yang pas-pasan. Untuk itu hadirlah smartphone limbah Jepang yang menjadi solusi masalah tersebut.

Istilah smartphone limbah jepang ini popular dikalangan pengguna media social Facebook dimana ada salah satu Fanspage yang bernama “lortlimbah” dan juga “Hujatan Teknologi Indonesia” yang sering sekali menggunakan istilah hp limbah jepang. Arti dari limbah jepang sendiri ialah smartphone bekas dari jepang yang diimpor langsung ke Indonesia. Akan tetapi, dimanakah letak keistimewaan dari limbah jepang tersebut?

Yang pertama ialah di soal harga. Harga dari limbah jepang jika dibandingkan dengan smartphone resmi di Indonesia bisa dikatakan cukup murah. Seperti contoh, Sony Xperia XZ1, Smartphone flagship keluaran Sony pada tahun 2017 ini memiliki chipset Qualcomm Snapdrogon 835, layar dengan resolusi FullHD  dan juga kamera dengtan resolusi 19 MP dengtan segudang fitur khas sensor kamera Sony.

Untuk harga baru dari smartphone tersebut ialah 799 US Dollar atau sebesar 11,5 Juta Rupiah, akan tetapi untuk sekarang harga bekasnya bisa diangka 1.4 Juta saja. Dibandingkan Nokia 8 yang menggunakan chipset yang sama, Layari Full HD dan juga kamera yang meskipun sudah dua lensa akan tetapi masih menggunakan kamera dengan resolusi 13 MP. Untuk Nokia 8 sendiri, harga bekasnya masih di harga 2.6 hingga 3.5 juta Rupiah.

Mengapa harga limbah jepang bisa sangat murah?, dikarenakan di jepang, untuk memiliki sebuah smartphone, pengguna bisa membelinya dengan menggunakan skema kontrak dengan provider local jepang disana seperti AU, Softbank, dan docomo. Dan apabila sudah melwati masa kontrak yang biasanya 6 bukan, pengguna disana bisa memilih untuk upgrade ke seri terbaru atau tetap stay. Karena kebanyakan pengguna smartphone di jepang suka berganti smartphone, maka smartphone lama mereka dijual dengan harga rendah bekas kontrak provider.

Kedua masalah price to performance yang tinggi. Apabila diharga 1.5 juta rupiah kita baru bisa membeli handphone low-end keluaran terbaru seperti xiaomi redmi 9a dan juga Samsung galaxy A10 yang mana performanya akan sangat jauh dibandingkan limbah jepang seperti Xperia XZ1 yang merupakan mantan flagship

Seperti dalam soal bermain game yang lebih lancar, layar yang lebih tajam, kualitas kamera yang lebih baik dan terakhir multitasking yang lebih nyaman. Oleh karenanya bisa dibilang price to performance dari limbah jepang sangat tinggi.

Dibalik keistimewaan yang ditawarkan oleh limbah jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membeli smrtphone tersebut. Pertama, jumlah spare part yang sangat sedikit dan pastinya akan sangat mahal, jadi apabila suatu waktu smartphone anda bermasalah dan minta untuk mengganti part maka bagian ini penting untuk menjadi pertimbangan.

Kedua yakni soal garansi dan service, dikarenakan jumlah smartphone ini yang sedikit dan juga merk Sony yang sudah tidak masuk Indonesia, maka untuk bisa menservice smartphone ini sangat sulit dan juga tidak ada garansi resmi, sementara itu para distributor yang menjual smartphone ini hanya memberi garansi toko selama satu minggu. 

Terakhir malasah IMEI, diketahui per tanggal 24 Agustus pemerintah resmi mem-blockir IMEI smartphone dari pasar gelap, akan tetapi di beberapa distributor ada yang sudah mendaftar IMEI smartphone yang dijualnya. Meskipun demikian, kejadian IMEI diblockir masih bisa saja terjadi.

Untuk limbah Jepang sendiri, banyak ditargetkan oleh para orang yang sangat mengerti spesifikasi dan juga ingin bermain game dengan lancar.

Berikut bebrapa pemaparan akan smartphone Limbah jepang yang sudah dibahas. Hingga saat ini ada beberapa merk yang dicap sebagai limbah jepang, merk itu ialah Sony dan juga Sharp Aquos. Untuk penulis sendiri juga memakai produk limbah Jepang, lebih tepatnya smartphone Sony Xperia XZ2 yang mana sejauh ini masih aman dan menjadi smartphone daily driver penulis. Bagaimana dengan anda? Sudah mulai tertarik melirik smartphone limbah jepang? (Penulis: Rifqi Azis / Sumber Kaskus.com)
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar